Tips Menyampul dan Merawat Buku


Agar buku-buku kita awet dan tidak mudah rusak, menyampul dan
 merawat buku adalah hal paling harus kita lakukan.  
Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita jadikan pertimbangan dalam merawat buku.
A. Menyampul buku
  1. Sebaiknya buku disampul dengan plastik kaca polos (tidak bercorak), dengan ketebalan yang tidak begitu tebal juga tidak tipis. Biasanya ukuran pertengahan cocok digunakan untuk buku karena lebih lentur, tetapi tidak mudah koyak.
  2. Saat menyampul, jangan sekali-kali menggunakan staples (hekter), sebab buku kita bisa rusak/berlubang nantinya. Gunakan selotip bening yang berukuran kecil atau sedang, sehingga jika ingin mengganti sampul, Anda dapat dengan mudah melepaskannya.
  3. Sampullah buku dengan teliti dan rapi.
  4. Di banyak toko buku besar, tersedia juga model plastik sampul dengan metode press seperti laminating. Model sampul ini cocok untuk buku-buku jenis text book atau kitab yang ukurannya tebal dan akan digunakan sebagai referensi dalam jangka waktu lama. Tetapi harus diingat juga, menggunakan plastik laminating seperti ini tidak akan bisa dilepas lagi nantinya, karena jika dilepas, buku akan rusak.
Saran saya, sebaiknya gunakan plastik biasa saja sehingga nanti ketika plastik sudah menguning dalam waktu lama, kita bisa menggantinya dengan plastik baru.
B. Merawat Buku
  1. Jangan pernah sekali-kali melipat buku, sebab lipatan akan membuat fisik buku tidak bagus. Gunakan pembatas buku dan kertas-kertas kecil (kertas memo) untuk mencatat hal-hal yang kita anggap penting. Kertas kecil ini bisa diselipkan di lembaran buku sebagai tanda atau pengingat.
  2. Jangan menyimpan buku di tempat panas atau juga lembab karena kertas akan mudah rusak. Kondisi terbaik untuk buku adalah ruang kedap udara, tapi tentunya untuk skala perpustakaan pribadi seperti kita pasti sulit, sebab ruang kedap udara membutuhkan penanganan yang khusus, jadi ruangan yang tidak banyak debu seperti lemari kaca tertutup sudah cukup. Jika belum memiliki lemari kaca, bisa menggunakan kain gorden di lemari terbukanya. Atau jika tidak ingin menggunakan apapun, rajin-rajinlah membersihkan rak buku kita dari debu. Jika di rumah menggunakan AC, gunakan suhu yang tidak terlalu dingin.
  3. Jika buku digunakan untuk pinjam-meminjam, usahakan kita memberi tips merawat buku kepada peminjam dan beri dia pemahaman bahwa buku harus diperlakukan dengan baik juga.
  4. Hindari membaca buku sambil makan dan tiduran, sebab bekas makanan akan melekat pada buku, kecuali makanan kering. Dan jika ketiduran, kadang kita lupa buku sudah berada entah di mana, bisa jadi tertidur/terlipat di bawah badan kita atau bantal.
sumber: pustakahanan