JAdwal Hujan Meteor yg terjadi tahun 2013

Jadwal Hujan Meteor 2013

Pertama-tama, kita liat yuk jadwal hujan meteor untuk 2013!
3-4 Januari 2013 QUADRANTIDS
Hujan Meteor pertama yang menyambut kita adalah Quadrantids. Quadrantids termasuk hujan meteor di atas rata-rata karena pada puncaknya, dalam sejam kita bisa melihat hingga 40 meteor! Hujan meteor ini bisa terlihat pada 1-5 Januari, tapi puncaknya biasanya pada tanggal 3 dan 4 saja. Meteor ini memancar dari Konstelasi Boots

Tips : Karena tanggal 3-4 Januari 2013 bertepatan dengan bulan kuartal akhir (bulan purnama menuju bulan mati), cahaya dari meteor tidak akan terlalu nampak karena kalah terang. Coba melihat hujan meteor Quadrantids pada akhir malam alias dini hari.

21-22 April 2013 LYRIDS
Lyrids bisa terihat mulai tanggal 16 hingga 25 April, dan puncaknya pada 21 dan 22 April. Lyrids adalah hujan meteor rata-rata, yang bisa menampilkan hingga 20 meteor per jam. Istimewanya, hujan meteor Lyrids menampilkan ekor debu yang cukup terang dalam beberapa detik. Siap-siap terpana deh. Meteor ini muncul dari Konstelasi Lyra.

Tips : Lyrids biasanya muncul pada dini hari sebelum matahari terbit. Bangun pagi ya

5-6 Mei 2013 ETA AQUARIDS
Eta Aquarids merupakan sisa-sisa ekor komet Halley yang berjatuhan di atmosfer Bumi tercinta. Sayangnya, Eta Aquarids nggak seramai hujan meteor sebelumnya. Paling banyak kita bisa lihat 10 meteor aja. Tapi tetep aja indah, karena saat itu bulan sabit sehingga Eta Aquarids lebih mudah dilihat/

Tips : Rumah kamu di tengah kota besar? Yah.. cahaya lampu kota membuat hujan meteor tidak terlihat. Coba kemping di pinggir kota tanggal 5 deh.

28-29 Juli 2013 SOUTHERN DELTA AQUARIDS
Masih sodaraan sama si Eta nih kayaknya. Ya karena kedua hujan meteor ini muncul dari Konstellasi Aquarius. Periodenya cukup lama, mula 18 Juli sampai 18 Agustus dan jumlah meteor pada puncaknya bisa sampai 20 meteor per jam.

Tips : Pas sahur nih! Ya deket-deket lebaran sih. Tapi seenggaknya, bangun sahur dan coba iseng-iseng lihat ke Timur. Siapa tahu Southern Delta menyapamu.

12-13 Agustus 2013 PERSEID
Ini dia favorit hanifa yang berasal dari Rasi Perseius. Banyak situs astronomi yang mengatakan bahwa Perseid adalah salah satu hujan meteor terbaik untuk diamati. Beberapa meteor sudah bisa dilihat dari 23 Juli hingga 22 Agustus. Hujan meteor Perseids terbilang paling terang, dan paling banyak. Kita bisa lihat hingga 60 meteor per jam pada tanggal 13 Agustus loh!

Tips : Semua hujan meteor memang muncul paling sering setelah tengah malam. Cocok buat kamu yang begadang. Tapi kalo gak kuat, coba nongkrong di tempat gelap mulai jam 7. Eh, bukan mojok loh ya!!

21-22 Oktober 2013 ORIONID
Mulai 17 Oktober sampai 25 Oktober, Orionid mulai menjatuhkan meteornya. Sayangnya bulan akan membuat meteor-meteor ini jadi tidak terlihat. Lihat rasi Orion kalo mau lihat ya.

Tips : Lihatnya ke timur. Jangan ke jendela tetangga. Bangun pagi mulai tanggal 20 ya, rajin-rajin mengamati

17-18 November 2013 LEONID
Leonid berasal dari rasi Leo, dan puncak siklusnya terjadi 33 tahun sekali. Tahun ini Leonid datang saat purnama, jadi mungkin sedikit tidak nampak. Tapi kenapa nggak nunggu aja, toh Leonid punya 40an meteor setiap jamnya.

Tips : Kalo kamu kesulitan mencari rasi atau konstelasi yang dimaksud, lihat langit mana aja deh. Hujan meteor nggak selalu muncul hanya dari tempat itu kok

13-15 Desember 2013 GEMINID
Kemaren nggak sempat lihat Geminid ya? Kalo dari tempat aku sih pas lagi mendung Istimewanya hujan meteor Geminid adalah pada puncaknya ia akan menghasilkan hingga 60 meteor, dan warna-warni!

Tips : Yah, hati-hati masuk angin tengah malem aja sih. Dan siap-siap takjub

Apa Hujan meteor yang paling kamu tunggu??